Minggu, 16 Januari 2011

pertama yang aku panggil mama

hai mama, terimakasih karena telah membiarkan aku merusak tubuh indahmu dua puluh tahun lalu. terimakasih karena bersedia menyediakan kehidupan untukku. terimakasih karena mama dengan sepunuh hati merawatku sampai sekarang. mama, maaf karena aku begitu sering membebanimu dengan tingkahku dan menambah kerutan di wajahmu. aku baru menyadari adanya kerutan itu setelah kamu mengeluh soal produk kecantikan. maaf , aku terlambat menyadari setiap kenakalanku.

mama , hari ini aku menulis surat ini buatmu . bukan karena aku tidak bisa mengatakan padamu betapa aku sangat mencintaimu. kita terlalu sering mengungkapkannya sampai kadang kita tidak membutuhkan kalimat itu untuk membuktikannya. aku menulis surat ini untuk memberitahukan dunia bahwa aku memeliki mama terhebat yang tidak akan bisa di gantikan oleh Angelina Jolie sekalipun. mungkin Angelina Jolie pun harus belajar padamu dulu untuk menjadi mama yang hebat. mama, mama bukan cuma wanita , tapi pahlawan terhebat dalam hidupku.

banyak masa sulit yang kita lewati berdua. saat papa pergi dengan perempuan lain, mama selalu mengajarkan aku untuk menjadi perempuan yang lebih tangguh. mama mengingatkan aku untuk selalu mendoakan papa sekalipun dia melupakan kita. mama benar-benar perempuan super. selalu mengajarkan aku untuk menyayangi orang yang menjahati kita. tapi mama, jujur aku tidak bisa memiliki hati sepertimu. bahkan aku masih menyimpan dendam terhadap temanku. mama pasti sedih mengetahui hal ini. tapi ketahuilah mama, aku sedang berusaha untuk menerima kekurangan temanku apaadanya.

mama , aku juga ingat pas aku kecil mama jarang memiliki cukup waktu untuk menemaniku bermain atau mengajarkanku berdandan. dulu aku kecewa karena aku tidak bisa bertingkah seperti anak perempuan diantara teman-temanku, tapi sekarang aku menyadari kalau semua itu tidak penting. yang penting adalah bagaimana mama memperlakukan aku seperti perempuan dewasa yang mandiri. mama mengajarkan banyak hal yang mama lain mungkin lupa ajarkan ke anak perempuan mereka.

sebentar lagi anakmu ini berusia dua puluh mama. tidak terasa ya kan? akhirnya gadis kecilmu yang selalu mama lindungi ini akan segera menapaki tangga kedewasaan. aku mau telur rebus lagi buat ulang tahunku nanti . aku ingat ketika mama memberikan aku telur rebus untuk ulang tahunku yang kesembilan belas. mama bilang, kalau mama telah memberikan satu ekor ayam utuh, beserta bulu , daging dan tulangnya. saat itu kita merayakannya berdua. bang Aldo dan Agra kuliah di luar kota dan papa di penjara. kita berada di masa tersulit. bahkan aku tidak bisa mentraktir teman-temanku seperti tahun-tahun sebelumnya. mama mengajarkanku untuk hidup hemat karena kita sama sekali tidak memiliki uang untuk membeli kue tart kecil. tapi untung teman-temanku tidak menuntut ku untuk mentraktir mereka. mereka memang baik.

mama . mungkin banyak janji yang aku ucapkan dan sepertinya masih lama akan aku penuhi. tapi ingatlah mama, aku akan berusaha untuk tidak mengecewakanmu lagi. mama , terimakasih .


---Oleh: @


(diambil dari: http://ibitetheworld.tumblr.com/ )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar