Jumat, 28 Januari 2011

Kepada Mas Ulil


Saya hanya satu di antara sekian ribu followers Anda di Twitter, dan kita pastinya tidak saling mengenal. Tapi saya sedikit banyak mengenal pemikiran Anda melalui timeline Anda. Pemikiran seorang @ulil yang sangat liberal dan maju, yang mendobrak tembok-tembok fanatisme, dan merenggangkan pemikiran dan hati yang sempit.

Mas @ulil,

Terima kasih untuk membela kaum minoritas di negeri ini. Saya percaya bahwa Tuhan akan lebih memberkati Anda dan keluarga karena kebaikan dan kemuliaan hati Anda. Dan saya berdoa semoga Anda suatu hari nanti diberi kepercayaan oleh Tuhan dan rakyat Indonesia untuk memimpin bangsa ini. Tidak ada yang mustahil bagi Tuhan, Mas @ulil.

Sebagian teman saya yang beraliran "keras" kurang menyukai Anda. Itu adalah hal yang wajar. Sesuatu yang baik belum tentu disukai banyak orang. Tetapi tidak ada kata terlambat untuk merubah Indonesia menjadi negara yang lebih terbuka. Tidak harus seterbuka Amerika, tetapi setidaknya menerima dan bertoleransi kepada perbedaan dalam kepercayaan saja sudah cukup.

Mas @ulil,

Sekali dua kali saya pernah menyaksikan debat terbuka Anda dengan sejumlah tokoh agama di televisi. Saya mengagumi cara Anda menghadapi kritikan mereka dengan santai dan penuh senyum. Memang dibutuhkan kedewasaan emosional dan berpikir untuk menjadi seorang yang bijaksana ya, Mas? Dan Anda memiliki keduanya. Belum lagi latar belakang pendidikan yang berkelas, namun tidak membuat Anda menjadi tinggi hati. Hebat.

Mas @ulil,

Terkadang Anda mengingatkan saya kepada tokoh "Homer Simpson" di film seri "The Simpsons". Itu film kartun kesukaan saya :D Homer, seperti juga Anda, adalah pecinta kue donat. Mungkin jika Homer itu tokoh nyata dan tinggal di Indonesia, dia pun akan memilih Luna Maya sebagai artis kesayangannya :D

Terima kasih karena telah meluangkan waktu Anda untuk membaca surat ini, Mas @ulil. Salam hangat untuk Mbak @tsuroiya. Tetap berjuang untuk Indonesia, tetaplah membela kaum minoritas, tetap menjadi Mas @ulil yang saya kenal hari ini.

Salam donat selalu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar