Senin, 24 Januari 2011

Indonesian Hero

Buat @iwanfals


Hallo oom…
Nama saya Steno Ricardo. Saya ngefans banget lho sama oom Iwan Fals, sampe-sampe waktu SMA saya punya geng namanya djenggo fals. Kata djenggo itu awalnya pas lagi pelajaran sejarah. Ada kata djenggo di buku sejarah kita. Sampe sekarang kita ga tau artinya apa. Hehehe
Kita bikin kaos, jaket, dan logonya bikin sama tattoo artist temen saya yang namanya chilox tank ancur, nama di twitter @chilhooxs dan sampe sekarang saya ga tau nama aslinya siapa, padahal baru aja dari kawinannya.

Djenggo fals itu kumpulan dari anak2 SMU Islam Al-Azhar Pejaten yang suka gonjrang gonjreng gitar sambil nyanyiin lagu2 oom kalo lagi nongkrong.

Kita sering dipanggil sama guru BP bukan cuma karena kasus tapi terkadang para guru minta tolong bantu mereka menyebarkan ‘niat’ baik mereka, tapi seringan kita tolak
Bandelan2 kita bukan model bandel maen cewe gitu oom… Yaaa berantem sih iya tapi bukan tawuran lho. Kita mendominasi sekolah karena banyak hal2 kreatif lucu2 yang kita buat. Sampai kakak kelas, adik kelas, guru, bahkan kepala sekolah kenal dan sayang sama kita.

Ada si Fikri, dia teman sebangku saya selama 3 tahun (bosen oom), sekarang dia melanjutkan kuliah di jerman. Baru2 ini kita telp2an trus saya tanya ke dia “kri… Lo disono dengerin lagu apa?” Dia jawab “wah ten… Darah gw masih iwan fals. Waktu SMA, dia bisa dibilang….. aduh malu nih, bilang ga yah… Bilang deh “Pentolan” (iya oom norak emang)

Si dedon, temen saya yang akhir2 ini minta ditemenin mulu, lagi PMS (Pre Married Syndrome)… Susah oom nemenin orang yang mao kawin, banyak maonya. Dia itu idola di SMA, ganteng dan sangat teramat kaya raya sekali, tapiii… Dia ga pernah menunjukan itu karena sifatnya yang teramat sangat sederhana sekali. Bertahun2 dia kuliah di Boston, dan sekarang dia punya rumah sendiri di daerah kemang, dan tau ga oom pajangan dirumahnya? Potongan-potongan koran tentang oom yang dibingkai sama dia.

Kalo si kiki @kikoys adalah teman yang sangat loyal. Dia jagoannya djenggo fals oom, kuat bener. Anaknya ganteng dan pernah pacaran lho sama keponakan oom, si Arsy. Ssssttt… Itu masa lalu oom, ga usah dibahas. Dia sempet mention oom lewat twitter tapi kayanya ga dibales. Bales dong oom… Sahabat saya tuh.

Ada juga si Dhany @dhanz_i panggilannya condet karena rumahnya di condet. Dia anak yg paling lurus di djenggo fals oom. Dulu rumahnya jadi salah satu ‘base camp’ djenggo fals, karena ada internet sepuasnya (dulu internet masih langka). Sekarang dia kerja bareng sama saya, anak yang baik dan stabil. Dia yang suka ‘nge-rem- saya kalo saya terlalu berani ambil resiko dalam bekerja.

Wah… Masih banyak oom temen-temen yang lain yang ga bs saya ceritain. Ada nanang, safik, wiwid, takim, edo, lia, arief, dll… Termasuk juga keponakan oom, si kembar Arsy dan Arky
Sampai detik ini kita masih bisa telp berjam2 beda benua cm karena kangen2an doang, dan itu cowo sama cowo lho oom. Anak jaman sekarang jarang banget yg kaya begitu..

Oom… Kalo ngetwit yang panjangan dikit dong, masa twit “hehehe” doang, yang mention banyak bener, curang dia mah. Saya pernah nyoba ngetwit kaya oom “hehehe” doang, boro-boro dimention, yang ada di unfollow. Sampe akhirnya saya bikin hashtag #tweetgayaiwanfals
Dari apa yang saya alami, saya merasa lagu-lagu oom mempunyai kekuatan ‘bertahan’ untuk menghadapi situasi. Kita anak2 djenggo fals adalah anak-anak yang kuat dalam menyikapi situasi dan beban2 dalam kaliber besar.

Dan kita mempunyai hubungan persahabatan yang aneh. Sampai sekarang kalo lagi ngumpul masih aja lagu-lagu oom diputer. Dan becandaan kita masih sama kaya jaman dulu. Kekuatan ‘loyalitas’ udah ter-doktrin ke otak kita masing-masing.

Waktu oom jadi cover di majalah ‘TIME’ dengan judul “Indonesian Hero” kita anak-anak djenggo fals adalah orang2 yang paling setuju dengan hal itu, karena kita adalah saksi dan bukti nyata dari kekuatan lagu-lagu oom.

Kami anak-anak djenggo fals bukan hanya bisa melihat kehidupan dari kesederhanaan, tapi kami bisa ‘merangkulnya’, Alhamdulillah. Oom Iwan Fals adalah pahlawan kami.
Terus berkarya yah oom… Kalo ada acara ngumpul2 dirumah arsy ikut yah oom, banyak yang mao kita share.

Terima kasih oom Iwan Fals… Indonesian Hero

Steno Ricardo
Prajurit Oom

(dikirim oleh @stenoricardo di http://mysplitego.tumblr.com/)

7 komentar:

  1. hola .. fals mania .. gw adalah oknum (kaya penjahat aja) .. hehehe.. yang disebutkan oleh bang steno .. memang masa2 indah bagi saya adalah masa sma .. masa kita bertemu dengan sahabat - sahabat yang merasakan pahit dan manis bersama , memang lagu2 iwan fals sangat mengena di kita-kita waktu masa remaja dulu .. tak terasa sudah 10 thn berlalu yah ten .. semoga djenggo fals tetap hidup di hati kita masing2 sampai saat ini . hehehe..

    salam


    kiki fals mania

    BalasHapus
  2. Wuuhuuw... Ada bang kiki komen. Bener ki, biar pada mencar kemana tau tapi jiwa 'rangkul-rangkulan'nya masih ada ya. Jujur sih emang jaman SMA itu pembentukan karakter bgt, gw pribadi ngerasa gitu, temen-temen gw di djenggo fals ini mirip2 semua karakternya.

    Salam buat oom iwan ya ki kalo ketemu. Titip pesen, suruh dibaca suratnya. Hehehehe

    -djenggo fals-

    BalasHapus
  3. Bang teno, gak terasa ya kita udah 10 tahun aja...(knapa kdengerannya kaya' ngomong ama pacar ya..) hehe, djenggo fals maksudnya..
    walau udah 10 tahun, sampai sekarang saya belum berkesempatan ketemu sama oom iwan buat bilang terimakasih krn secara tidak langsung sudah mempertemukan kami semua (haha,ngarep...).
    Emang sih nama saya cuma disebutin se-iprit ama teno tp saya merasa wajib komentar dsini(kesempatan..)..siapa tau aja oom iwan sudi membaca surat sahabat saya yg bernama steno ini, jd oom tau ada salah satu fans-nya yg namanya Lia..(amin-amin-amin..hehehe). Saya adalah salah satu wanita yg termasuk kumpulan anak2 yg menamai diri mereka "djengo fals"..walaupun mereka kadang lupa kalau saya wanita,contohnya mereka sempet ngajak saya godain cewe..(rada aneh emang,ya..maklum oom, saya emang gak cakep2 amat,jd wajar aja mereka suka lupa..). Saya sangat menghargai saat2 kami masih bersama2..saat yg paling saya ingat waktu kita foto2 bareng pake jaket kebanggaan djenggo fals,dengan berbagai pose tentunya (rada norak emang kalo dibayangin..)tapi seru..dan sesuai dengan teori freud bahwa usia 0-19 thn itu adalah masa2 pembentukan karakter (ciyeeh..), jd bener kata bang kiky & teno,dari sana jugalah salah satunya pribadi saya terbentuk.

    udah ah, ntar banyakan komen-nya ama suratnya (baru sadar..hehehe).Terimakasih buat smua abang saya yg ada di djenggo fals,mereka selalu ada dalam hati saya dan juga oom iwan akan selalu jadi pahlawan kami...pahlawan indonesia..

    BalasHapus
  4. Lia... Idih kangen banget.

    Boong oom, lia ini cewe paling cakep, dia ketua OSIS lho, dulu pernah satu band sama dia, dia maen drum. Kereenn...

    Sekarang dia udah jadi dokter, anaknya lucu-lucu dan kelas 2 sma dia pake jilbab, tambah cantik oom. Eh kelas 2 kan ya? Apa kelas 3? Yaaa gitu lah... Terakhir ketemu lia waktu kawinannya, LIA!!! Sumpah dah gw kangen, ngilang aja lu! Gw lempar petasan juga lu!

    Oiya oom... Lia hafal lho lagu2 oom, suaranya merdu... Ayo ketemuan oom, huufff... Mudah2an si oom iwan fals baca yah.

    BalasHapus
  5. iwan fals

    halo lia .. halo steno ,dan halo kiki, salam buat anak2 djenggo fals ya , saya berterima kasih atas kesetiaan kalian pada lagu2 saya, tapi saya saat ini sedang fokus lagu cinta, lagu-lagu tajam seperti dahulu sedang di karang , mohon doanya ya adek2 djengoo fals ..



    salam

    orang indonesia ..

    BalasHapus
  6. Dear Lia,
    Sy juga pernah usul jg sama mbak Yos soal @iwanfals kalo ngetwit agar panjang panjang panjang...hehehe...
    kata Mbak Yos,,, emang dia mah orangnya begitu ...

    maaf kalo boleh komen soal pertanyaanmu di twitter, sepertinya itu bukan tulisan Iwan Fals,, kalo saya baca fikirannya, Iwan Fals saat ini sedang konsen masalah penghijauan....
    semoga pendapat saya salah....
    tapi bagaimanapun jg saya salut sama kamu,, sudah ngefans begitu ngefans,, semoga bisa menerapkan nilai nilai yang ditanamkan Iwan Fals..
    Maaf kalo komen saya tidak berkenan...

    Salam Oi...

    twitter : @aatomy

    BalasHapus