Rabu, 26 Januari 2011

Untuk Pembuat Kue Taart Super Gede Itu

Halo Oma di surga, apa kabar? Pasti baik-baik saja ya di sana.

Aku nulis surat buat Oma karena tadi pas lagi macet di jalan (sekarang Jakarta macet banget loh Oma, ga tahan deh rasanya) aku lagi mikirin kerjaan, trus tiba-tiba aku keinget sama Oma.

Kadang aku ngga mau inget saat-saat terakhir aku ngeliat Oma. Aku maunya inget Oma yang tiap tahun bikinin aku kue taart super gede pake hiasan boneka Barbie lalu kuenya itu yang jadi rok si Barbie. Aku maunya inget Oma yang sering bilang “sun Oma dulu dong..” tiap kali aku dateng ke tempat Oma. Aku maunya inget Oma yang selalu senyum sambil bikin kue.

Tapi yang paling aku inget justru sosok Oma yang terakhir kali ngomong sama aku.

Kamu nanti jadi dokter ya, Melissa.

Aku inget banget Oma ngomong itu, sambil megang tangan aku, sambil tiduran di atas tempat tidur rumah sakit, sambil diinfus, sambil diselingi bunyi-bunyi alarm monitoring. Sambil senyum seperti biasa, sambil ngeliat ke aku kayak pas lagi ngasih kue taart Barbie super gede itu.

Dulu, Melissa kecil cuma bisa mengangguk dan mengiyakan kata-kata Oma tanpa membayangkan sama sekali kalau ternyata itu akan menjadi permintaan terakhir Oma.

Aku inget banget Oma bener-bener seneng waktu kecil aku sering bilang aku pengen jadi dokter meskipun ngga ada yang nyuruh. Waktu SD aku bilang aku tetap ingin jadi dokter. Waktu SMP aku bilang lagi kalau aku tetap ingin jadi dokter. Waktu SMA, betapa inginnya aku bilang lagi ke Oma kalau aku masih ingin jadi dokter. Tapi Oma sudah ‘pergi’. Waktu kuliah, betapa inginnya aku dateng ke tempat Oma dan bilang, “Oma, sebentar lagi aku jadi dokter ”. Tapi Oma sudah pergi. Waktu akhirnya aku disumpah dokter, betapa inginnya aku ngeliat Oma ada di antara undangan yang hadir, tapi Oma sudah ‘pergi’.

Kalau saja dulu aku sudah jadi dokter, mungkin aku bisa lebih dulu mendeteksi kalau Oma kenapa-kenapa. Kalau saja dulu aku sudah jadi dokter, mungkin aku bisa kasih banyak saran kayak sekarang pas Opa sakit. Tapi yang dulu bisa aku lakukan hanya mengiyakan permintaan Oma.

Kadang aku berpikir, Oma pasti orang yang bener-bener baik sampai Tuhan mau mendengarkan permohonan Oma yang terakhir untukku. Ah, kalau sudah bicara Tuhan, aku selalu inget Oma yang sering ngomong “ayo sembahyang dulu..”

Sekarang, aku kerja di tempat di mana Oma dulu meninggalkan aku untuk selama-selamanya. Aku masih sering keinget sama Oma dan keinget sama putri sulung Oma yang juga meninggalkan aku untuk selama-lamanya di tempat ini. Kadang kalau aku lagi ngerasa sendirian di sini, aku suka lewat di depan ruangan tempat Oma ‘pergi’. Kadang aku tambah sedih, tapi aku lebih sering senyum sambil berharap Oma bisa lihat akhirnya aku bisa memenuhi permohonan Oma.

Yah, sebenernya masih banyak yang pengen aku ceritain ke Oma. Tapi aku simpen aja sampai nanti kita ketemu di surga ya, sambil makan kue taart bikinan Oma lagi. Aku kangen banget.



---Oleh:


(diambil dari: www.somniamemorias.com )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar